Jadwal dan Alur Pendaftaran CPNS 2015

Rabu, 12 Agustus 2015 | komentar

Jadwal Penerimaan CPNS 2015
Meskipun morotarium direncanakan pemerintah pada lima tahun ke depan akan dilakukan, namun sesuai dengan pernyataan resmi dari Kepala Bagian (Kabag) Humas KemenPAN-RB, Suwardi menjelaskan proses pengajuan formasi CPNS 2015 sudah digelar; dan hingga saat ini sudah ada beberapa instansi pusat maupun daerah yang mengajukan formasi CPNS 2015.  Pimpinan instansi baik pusat maupun daerah diminta untuk memasukkan pengajuan formasi secara elektronik secepatnya. Semua pengajuan formasi kami mintakan lewat sistem elektronik agar menghemat waktu dan anggaran,” kata Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja di kantornya, Rabu (7/1)
Di tahun 2015 ini, penerimaan CPNS semakin diperketat, dtambah dengan adanya morotarium yang akan dilakukan. Berikut rangkuman yang bisa kami sampaikan berkenaan dengan penerimaan cpns 2015 yang memungkinkan dbuka di beberapa intansi. Berikut jadwal yang diperkirakan akan berlangsung di tahun 2015 ini sebagai berikut:
:: Mei-Juni : Pengajuan Formasi CPNS 2015 Instansi pusat maupun untuk daerah ke KemenPAN RB dengan melampirkan krteria yang disyaratkan
:: Agustus-Oktober : Pengumuman pengadaan CPNS 2015 di instansi pusat maupun daerah, serta proses pendaftaran
:: Oktober: Dimulai Proses seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) di seluruh instansi baik pusat atau daerah
:: November: Dimulai Proses pengumuman yang lulus seleksi CPNS 2015 baik instansi maupun daerah

Formasi CPNS Sarjana 2015
Sistem CAT yang diberlakukan dalam penerimaan CPNS khususnya sejak tahun lalu memang menempatkan diri pada peserta yang memiliki kualitas yang tinggi dan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di bidangnya. Sebagai contoh misalnya bagi guru yang mengajarbaik itu dalam status honorer maupun yang sudah PNS diminta menyetarakan pendidikannya sesuai dengan lingkungan dia bekerja, misalnya guru haruslah sarjana kependidikan, sedangkan yang non kependidikan diminta kuliah kembali ke jalur yang sesuai dengan tugas yang diembannya. Dirjen Pendidikan Dasar Kemendikbud Hamid Muhammad menuturkan, saat ini jumlah guru SD yang berijazah sarjana yang juga merupakan syarat minimal menjadi guru adalah sebanyak 62% . Sedangkan pada tingkat SMP proporsi guru berijazah S1 sudah lebih baik yakni sebanyak 90%.
Dari ulasan contoh di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa kompetensi khusus yang dimiliki sesuai bidang masing-masing adalah salah satu tolak ukur kualitas yang dimiliki sehingga diharapkan pada tahun 2015 ini tentunya prioritas lowongan yang akan dibuka adalah mereka yang memiliki gelar sarjana sesuai dengan kebutuhan yang dibuka oleh masng-masing daerah tanpa harus merebut peluang jurusan lainnya dalam tes seleksi CPNS 2015.

Langkah-langkah Pendaftaran CPNS Online 2015

Pemerintah seperti pada tahun lalu telah menetapkan pendaftaran dengan sistem single entry atau sistem yang terintegrasi secara online dalam pelaksanaan pendaftaran seleksi aparatur sipil negara(ASN) khususnya calon pegawai negeri sipil. Bagi peserta tes CPNS atau CASN 2015 maka di sini kami akan berikan langkah-langkah pendaftaran online yang bisa ditempuh bagi calon peserta untuk bisa menjadi peserta dalam penyelenggaraan tes CPNS 2015 yang akan segera tiba.
Bagi yang sudah berpengalaman dalam pendaftaran cpns 2014 lalu, rasanya tidak akan ada banyak perubahan mengenai tata cara dan langkah pendaftaran online CPNS/ ASN tahun 2015. Untuk itu berikut kami paparkan langkah-langkah pendaftaran CPNS 2015 sebagai berikut:
1.Sebelum mendaftar lihat baik-baik instansi yang akan didaftar karena setiap orang hanya bisa mendaftar pada 1 instansi saja, dan pada instansi tersebut bisa memilih 3 jabatan.
2. Pelamar mengisi formulir mengikuti format yang disediakan secara online di regpanselnas.menpan.go.id. Isi formulir dengan data diri sebenarnya menggunakan kartu identitas asli KTP (NIK, nama lengkap, Tempat dan tanggal lahir), email yang aktif, lalu instansi yang dipilih, dan username dan password yang telah Anda buat. Selanjutnya Anda juga diminta untuk konfirmasi melalui email Anda.
3. Kunjungi stus http://sscn.bkn.go.id lalu login menggunakan username dan password tadi(untuk login harus menunggu 1×24 jam). Di situs ini Anda diwajibkan mengisi formulir lagi dan melampirkan kelengkapan administrasi yang dbutuhkan. Pada pengisian formulir di sini data yang dibutuhkan tak hanya KTP, tetapi juga Ijazah dan atau transkrip nilai terakhir untuk digunakan mengisi kolom Nomor Ijazah, IPK (Sarjana), NEM (SMA/ Sederajat). Setelah fomulir terisi semua maka printlah formulir tersebut. Print out formulir tersebut nantinya digunakan untuk syarat pelengkap berkas pendaftaran yang kemudian diserahkan atau dikirimkan melalui pos kepada instansi yang dilamar. Harap diperhatikan bahwa ada beberapa instansi khususnya instansi daerah (PEMDA) yang mengharuskan untuk mengirim berkas lamaran instansinya setelah mendaftar secara online. Oleh sebab itu baca baik-baik syarat dan tata cara pendaftarannya.
4. Pada bagian akhir Anda akan mendapatkan kartu pendaftaran, silahkan print dan di save
5. Setelah minimal sehari (1×24 jam) silahkan buka portal atau situs instansi tujuan cpns Anda) login menggunakan username dan password Anda untuk melihat info jadwal dan syarat mengikuti Tes CPNS untuk instansi yang Anda daftar.
6. Jika Ada masalah dalam pendaftaran seperti NIK tidak valid, atau masalah lainnya silahkan kunjungi bagian pengaduan.
Alur Pendaftaran CPNS 2015
pendaftaran cpns 2015




Kuota Penerimaan CPNS 2015
Jumlah kuota cpns pada 2015 belum dapat secara pasti ditentukan sebab masih menanti usulan dan juga laporan analisis kekurangan pegawai pada seluruh instansi seperti yang dikemukakan oleh Yudhi Chrisnandi MenPAN-RB beberapa waktu lalu, beliau juga menerangkan bahwa kebutuhan pegawai pada kelompok pejabat fungsional menjadi prioritas. Diantara yang dominan untuk kelompok pejabat fungsional ini adalah:
1.Guru
2.Tenaga kesehatan seperti perawat, bidan, dan dokter.
Sedangkan pejabat fungsional lainnya yang yang dibutuhkan adalah tenaga CPNS kelompok pengawas, analisis, dan juga auditor. Kemudian juga pejabat fungsonal untuk peneliti, penyuluh pertanian, perikanan, beserta kelautan. Seperti dilansir oleh JPNN.com per tanggal 11 Mei menyebutkan bahwa sebanyak 134 ribu kuota CPNS diusulkan,dimana formasi terbesar dialokasikan untuk jabatan layanan dasar seperti tenaga pendidik, kesehatan, penyuluh, dan fungsional tertentu; hanya saja belum bisa dipastikan apakah usulan tersebut sudah pasti ditetapkan sebagai kuota nasional atau tidak tergantung dari persetujuan kemntrian keuangan dalam menyesuaikan anggaran negara.
Saat peluang besar berada pada formasi guru dan tenaga kesehatan bukan berarti untuk jurusan lain tidak ada lowongan, akan tetapi sekali lagi semua harus diperhitungkan berdasarkan kebutuhan dan juga analisis jabatan di daerah masing-masing, yang artinya kesempatan yang akan diperoleh pleh daerah tertentu dan jumlah kuota yang akan dibuka itu berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Memang khusus bagi guru direncanakan akan ada formasi tambahan mengingat memang banyak sekali tenaga honorer (TKS) yang belum diangkat hingga sekarang dengan waktu pengabdian yang cukup lama.
Kondisi yang sama juga terjadi pada tenaga kesehatan, bagi tenaga ini karena juga tak terkena kebijakan morotarium maka kemungkinan besar lowongan tes CPNS 2015 yang akan dibuka itu akan berjalan secara normal sesuai dengan kebutuhan pada saat pembukaan CPNS itu berlangsung.

Panselnas.Menpan.go.id2015
Panselnas.menpan.go.id adalah merupakan situs web resmi pengumuman, dan regpanselnas.menpan.go.id adalah merupakan situs resmi pendaftaran CPNS online.
Di Indonesia saat ini, masih banyak orang yang berkeinginan menjadi pegawai PNS. Sehingga kehadiran pembukaan pendaftaran CPNS sangatlah ditunggu-tunggu. Namun tidak sedikit dengan cara online sekarang ini, orang masih dibingungkan dengan tata cara dan syarat pendaftaran online CPNS.
Pertama-tama yang harus disiapkan adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk). Setelah itu mengikuti persyaratan umum dan atau khusus yang diminta oleh masing-masing instansi yang dituju karena masing-masing instansi memiliki syarat yang tidak sama. Setelah kita memenuhi baik persyaratan umum dan khusus, maka langkah selanjutnya adalah dengan mendaftar online, berikut urutannya:

1.Buka Situs resmi pendaftaran online CPNSdi Regpanselnas.menpan.go.id
Buka situs untuk mendaftar online di https://regpanselnas.menpan.go.id, lalu isikan data diri sesuai KTP Anda yang meliputi Nama Lengkap, Email, Tempat lahir, tanggal lahir, Instansi, Password, Confirm Password, Kode Sekuriti, Input Kode Sekuriti. Yang perlu diperhatikan adalah password yang dibuat nantinya akan digunakan untuk login pada tahap selanjutnya. Berikut tampilan ketika login:
Formulir+Registrasi+Pendaftaran+Online+CPNS+Panselnas+2014
Isikan benar-benar sesuai dengan data di KTP, karena apabila terjadi kesalahan tidak dapat diulang lagi. Dan satu KTP hanya dapat digunakan untuk sekali mendaftar.

2.Buka dan Login ke Situs sscn.bkn.go.id
Bukalah https://sscn.bkn.go.id, pastikan dari pendaftaran pertama sudah mencapai 2 jam lebih kemudian gunakan user dan password yang dikirim melalui email pada pendaftaran pertama lalu klik Login. Agar lebih jelas berikut tampilannya:

pendaftaran cpns 2015

pendaftaran cpns 2015
Apabila terdapat respon berupa Anda gagal login, berarti Anda harus mengulang beberapa jam kemudian, karena itu berarti proses tahap pertama belum selesai diproses. Namun apabila sudah berhasil login dan klik panel daftar isi sesuai dengan identitas Anda dan pilihan ketentuan. Kalau sudah selesai barulah kirim kartu peserta setelah tentunya Anda periksa sebelumnya.

erorpage

Jika Anda menjumpai tampilan database error maka itu artinya situs tersebut banyak yang mengakses. Anda bisa mengulang pada jam-jam yang tidak terlalu banyak orang mengakses. Untuk proses tahap kedua ini Anda harus lebih bersabar menunggu setidaknya 1×24 jam setelah pendaftaran pada langkah nomor 1.

3. Melengkapi Data melalui Login situs sscn.bkn.go.id kembali
Langkah selanjutnya bila Anda sudah berhasil mendaftar dengan user dan password yang dikirim lewat email Anda, dan menunggu sekitar 2 jam atau 1×24 jam untuk mengikuti tahapan kedua. Maka selanjutnya simak gambar berikut:
pendaftaran

4. Cetak Formulir Pendaftaran
Setelah semua tahapan satu hingga ketiga selesai, tahapan selanjutnya adalah cetak kartu peserta CPNS, pastikan file didownload dalam bentuk pdf karena nantinya data diri pada kartu tersebut akan menjadi print out untuk kelengkapan berkas, berikut contoh hasil cetakannya:
kartu+nomor+pendaftaran+cpns 

5. Lengkapi Berkas dan Kirim Lewat Kantor Pos
Setelah tahapan keempat, Anda dipersilahkan untuk melengkapi berkas-berkas pendaftaran dan tempelkan pas foto Anda. Syarat kelengkapan berkas tertera pada poin nomor 4 di formulir yang telah dicetak. Apabila terdapat persyaratan umum lainnya silahkan Anda sertakan juga. Penjelasan lebih lanjut bisa dilihat di gambar berikut:
printout
Persyaratan yang sudah ditetapkan masing-masing daerah berbeda-beda, jadi cermati syarat yang harus dipenuhi dan apabila sudah kirimkan via pos atau langsung diantarkan ke tempat penerimaan CPNS setempat. Sebagai tambahan untuk amplop berkas gunakan type E11. Sertakan amplop ukuran Folio di dalamnya untuk balasan dan tempelkan prangko lalu kirim via pos sesuai alamat yang dituju. Kirim dengan layanan paket kilat khusus, tunggu sekitar 5 hari untuk balasannya apakah berkas Anda diterima atau tidak.

6.Verifikasi kelulusan Data
Verifikasi dilakukan oleh panitia tempat formasi tempat Anda mendaftar, biasanya dalam pengumuman secara online juga diberitahukan. Apabila Anda dinyatakan tidak lulus maka berkas akan dikembalikan melalui kantor pos kemudian kita kembali melengkapi kekurangan tersebut dan silahkan kirim ulang sebelum batas waktu pendaftaran.
printout1oo 

Apabila Anda dinyatakan lulus maka akan mendapatkan balasan berupa nomor tes dari panitia; hal itu diuraikan secara jelas pada poin ini yang dapat dilihat secara online di situs atau bukti print out seperti contoh tampilan berikut
10620598_809128302451874_1809494461104980748_n 

Berikut contoh kartu peserta yang memuat nomor ujian dan tempat tes :
kartu+nomor+pendaftaran+cpns 
Apabila terdapat kesalahan atau jika Anda merasa bahwa KTP milik Anda tidak pernah digunakan untuk mendaftar CPNS maka silahkan hubungi panitia melalui email: panselnas@menpan.go.id
Pastikan Anda selalu logout ketika selesai melakukan proses pendaftaran; hal ini dikarenakan untuk menjaga kerahasiaan data Anda.
Anda juga bisa menyalurkan komentar atau bertanya tentang pelaksanaan CPNS tahun ini, dan nanti admin yang bersangkutan dari panitia akan merespon sehingga akan memudahkan para pendaftar online lainnya.
Berhati-hatilah terhadap segala sesuatu bentuk penipuan yang mengatasnamakan BKD setempat atau panitia penyelenggara CPNS yang menjanjikan kelulusan atau pembayaran berupa suap berapapun nominalnya. Panitia resmi tidak pernah meminta sejumlah uang untuk kelulusan ataupun biaya sejenisnya. Batas nilai lulus dari CPNS adalah berkisar 30%, 30%, 40% dan grade 300 dalam bentuk tes TKD, Tes Intelegensi Umum, dan Karakteristik Pribadi.Selamat mencoba dan semoga sukses.


Lowongan Kerja Bank Central Asia Tbk Terbaru PT Bank Central Asia berawal dari sebuah usaha dagang bernama NV Knitting Factory di Semarang yang didirikan pada tanggal 10 Agustus 1955, dengan akte notaris no 38, kongsi dagang ini kemudian berkembang menjadi N.V Bank Central Asia, yang pertama kali beroperasi di pusat perniagaan di jalan Asemka pada tanggal 21 Februari 1957. Pada tanggal 18 maret 1960 dikukuhkan menjadi PT. Bank Central Asia, dimana berbentuk perseroan terbatas dengan modal awal sebesar Rp 600.000,- dan bertujuan untuk melayani kebutuhan pendanaan bagi masyarakat pedagang kecil yang saat itu sedang tumbuh di Jakarta. Info Lowongan Bank Central Asia Tbk - Sejak pertengahan tahun 1970-an, Bank Central Asia mulai berkembang pesat, pada tahun inilah dapat dikatakan merupakan era cepat landas PT Bank Central Asia. Pada tahun 1974 misalnya, Bank Centrak Asia bersama-sama lembaga keuangan terkemuka dari Jepang, Inggris, dan Hongkong mulai menjalin mendirikan lembaga keuangan bukan Bank (LKBB) yang dinamakan PT Multi National Finance Coorporation (Multicor). PT Bank Centra Asia menjadi pemegang saham terbesar di Multicor sebesar 51% dari total saham. http://goo.gl/XasC1g Saat ini Bank Central Asia Tbk membuka Lowongan Kerja Terbaru dengan mengundang para generasi berkompeten untuk bergabung bersama Bank Central Asia Tbk untuk posisi:
Url: http://infolowongan7.blogspot.com/2015/08/lowongan-kerja-bank-central-asia-tbk.
 Lowongan Kerja Bank Central Asia Tbk Terbaru PT Bank Central Asia berawal dari sebuah usaha dagang bernama NV Knitting Factory di Semarang yang didirikan pada tanggal 10 Agustus 1955, dengan akte notaris no 38, kongsi dagang ini kemudian berkembang menjadi N.V Bank Central Asia, yang pertama kali beroperasi di pusat perniagaan di jalan Asemka pada tanggal 21 Februari 1957. Pada tanggal 18 maret 1960 dikukuhkan menjadi PT. Bank Central Asia, dimana berbentuk perseroan terbatas dengan modal awal sebesar Rp 600.000,- dan bertujuan untuk melayani kebutuhan pendanaan bagi masyarakat pedagang kecil yang saat itu sedang tumbuh di Jakarta. Info Lowongan Bank Central Asia Tbk - Sejak pertengahan tahun 1970-an, Bank Central Asia mulai berkembang pesat, pada tahun inilah dapat dikatakan merupakan era cepat landas PT Bank Central Asia. Pada tahun 1974 misalnya, Bank Centrak Asia bersama-sama lembaga keuangan terkemuka dari Jepang, Inggris, dan Hongkong mulai menjalin mendirikan lembaga keuangan bukan Bank (LKBB) yang dinamakan PT Multi National Finance Coorporation (Multicor). PT Bank Centra Asia menjadi pemegang saham terbesar di Multicor sebesar 51% dari total saham. http://goo.gl/XasC1g Saat ini Bank Central Asia Tbk membuka Lowongan Kerja Terbaru dengan mengundang para generasi berkompeten untuk bergabung bersama Bank Central Asia Tbk untuk posisi: Lowongan Kerja Bank Central Asia Tbk Terbaru Program Frontliner Persyaratan: Berpenampilan menarik Ramah Memiliki kemampuan komunikasi yang baik Menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan layanan perbankan Lulusan D3 atau S1 dengan Indeks presentasi kumulatif (IPK) minimal 2,50 (skala 4.00) Usia maksimal 25 tahun Bersedia menjalani ikatan dinas Penempatan Kalimantan (Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, tarakan, Palangkaraya) Pendaftaran kerja: segera ajukan lamaran anda ke alamat dibawah ini: Jl. Letjen S. Parman Kav. 79 lantai 21 West Jakarta DKI Jakarta Indonesia Ketentuan: Penutupan pada tanggal 21 Agustus 2015 Hanya orang - orang yang memenuhi kriteria lamaran yang akan ditindak lanjuti ke tahap berikutnya Sumber lowongan kerja http://goo.gl/IKc2dH
Url: http://infolowongan7.blogspot.com/2015/08/lowongan-kerja-bank-central-asia-tbk.html
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Lowongan Kerja - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger